Translate

Sabtu, 06 Juni 2015

GENJOT PERFORMA MESIN STANDART (1/3). Nomenclature Mesin Pembakaran Dalam.

Secara fisik mesin pembakaran dalam (Internal Combustion Engine/ ICE) dari sebuah mobil modern, umumnya terbagi atas: Bodi, Jeroan dan Aksesoris Utama. Berikut uraiannya:

Bodi mesin terdiri dari: cylinder head cover, cylinder head, cylinder block, main cap, oil pan dan timing cover.

Berurutan: Cylinder Head Cover, Cylinder Head, Cylinder Block, Oil Pan & Timing Cover.
Note:
Cylinder head cover pada mobil lawas terbuat dari plat besi cetak/ drawing. Pada mobil masa kini ada yang terbuat dari aluminium alloy berdinding tipis hasil proses die casting, bahkan dari plastik berbasis nylon. Jadi kalau ada yang bilang terbuat dari plastik ember, itu hanya isu alias gosip! Haha.
Cylinder head rata-rata terbuat dari aluminium alloy dengan proses sand gravity casting atau low pressure casting.
Cylinder block rata-rata masih terbuat dari cast iron alloy dengan proses sand gravity casting, meskipun sudah mulai banyak yang beralih pada bahan aluminium alloy dengan proses sand gravity casting atau low pressure casting. Di dalam cylinder block akan terpasang pula part besi cylinder/ insert cylinder liner.
Main cap, bahannya mengikuti cylinder block. Yang dari cast iron alloy dengan proses sand gravity casting, sedangkan yang aluminium alloy dengan proses sand gravity casting atau low pressure casting atau die casting.
Oil pan pada mobil lawas terbuat dari plat besi cetak/ drawing. Pada mobil masa kini terbuat dari aluminium alloy dengan proses sand gravity casting atau low pressure casting atau die casting.
Timing cover senasib dengan cylinder head cover, ada yang terbuat dari plat besi cetak/ drawing, ada pula yang terbuat dari aluminium alloy berdinding tipis hasil proses die casting, bahkan dari plastik berbasis nylon. 

Jeroan mesin yang terpenting terdiri dari: camshaft, valve, valve spring, piston, ring piston, connecting rod/ conrod, crankshaft, timing chain atau timing belt & fly wheel.


Berurutan: Cam Shaft, Valve, Piston, Connecting Rod, Crank Shaft & Fly Wheel.
Note:
Timing chain lebih awet (long life time), tapi lebih berisik.
Timing belt memiliki life time + 60.000 s/d 80.000 Km, tapi lebih senyap. 

Aksesoris Utama mesin yang terpenting terdiri dari: thermostat, water pump, intake manifold + body throttle, exhaust manifold/ header, engine oil pump, engine oil filter, fuel injector, spark plug/ igniter (Diesel), ignition coil + cable + hose cap, motor starter, dinamo/ AC delco/ AC generator/ alternator, AC compressor, power steering oil pump.


Berurutan: Intake Manifold, Header, Motor Starter, Alternator, AC Compressor & Power Steering Oil Pump.
Note:
Intake manifold pada mobil lawas umumnya terbuat cast iron alloy atau aluminium alloy dengan proses sand gravity casting. Pada mobil masa kini hampir semuanya beralih ke plastik berbasis nylon.
Pada mobil-mobil masa kini sudah diaplikasikan juga electric AC compressor & electric power steering yang bisa membuat mesin lebih bertenaga & hemat BBM.
Pada mobil-mobil bensin masa kini sudah diaplikasikan juga individual coil, yang mampu menjamin percikan api besar yang seragam  pada setiap busi yang ada. 

Agar pemahamannya makin mantap punya, monggo dipersilakan nonton video di bawah ini:

Contoh Animasi Mesin 4 Cyl./ DOHC/ 16 Valve <FORD>. 
Thanks To YouTube.

NEXT: GENJOT PERFORMA MESIN STANDART (2/3). Daya VS Torsi.



Wish U All The Best!